CONTOH SURAT

Model dan Contoh Surat Bisnis Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Surat Bisnis – Kita sudah banyak mengenal jenis-jenis macam surat, seperti surat lamaran pekerjaan, surat dinas, surat pengantar, surat resign dan lain sebagainya. Termasuk di dalam blog ini saya berusaha untuk menyajikan informasi tentang berbagai model surat yang mungkin dapat menjadi tambahan referensi bagi anda yang sedang ingin menulis surat sesuai jenis surat yang anda inginkan.

Di dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang surat bisnis. Sebelum kita ulas pembahasan ini lebih dalam, saya akan sedikit mengingatkan kembali pada anda bahwa defenisi surat adalah sarana komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara tertulis.

Surat Bisnis adalah jenis surat formal yang dipakai dalam lingkup kerja. Pengertian dari surat bisnis sendiri adalah surat bisnis digunakan oleh suatu lembaga atau institusi untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis yang tentunya secara tulisan yang biasanya dikirimkan melalui pos, faksimile atau melalui email di jaringan internet.

Bentuk dan Fungsi Surat Bisnis

Ada banyak jenis dari surat bisnis, antara lain meliputi :

  1. Surat Purchase Order (PO)
  2. Surat Lamaran Pekerjaan
  3. Surat Izin Usaha
  4. Surat Perjanjian
  5. Surat Dinas
  6. Surat Tugas
  7. Surat Berita Acara
  8. Surat Pemberitahuan Pindah Kantor
  9. Surat Perjanjian Kerjasama
  10. Surat Perjanjian, dll.

Selain itu anda juga perlu tahu apa fungsi dari surat bisnis tersebut. Secara umum, surat bisnis mempunyai beberapa fungsi  sebagai berikut.

  • Surat Bisnis berfungsi sebagai media komunikasi antara 2 (dua) pihak secara tidak langsung yang mana masing-masing pihak tidak harus bertatap muka tetapi tetap dalam keadaan formal.
  • Media yang bisa dijadikan sebagai alat komunikasi agar jalinan silaturrahmi dan kerja sama tetap berjalan, walaupun di antara 2 (dua) pihak tidak sedang terikat kerja sama.
  • Alat yang bisa menggambarkan kriteria antara 2 (dua) pihak, sehingga keduanya bisa saling mengetahui kriteria masing-masing bisa atau tidak menjalin kerjasama.

Agar artikel ini semakin lengkap, maka saya juga akan memberikan satu contoh saja sebuah surat bisnis resmi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.

Contoh Surat Bisnis Perjanjian Kredit


LOGO DAN KOP SURAT PERUSAHAAN


SURAT PERJANJIAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                    :  LUKMAN HAKIM MUZADI

Alamat                  :  Jln. Garut No.11, Jakarta 21983

No. KTP                :  1275584210000851

No. Telp.               :   021 – 4565362

Dengan ini saya menyatakan telah menerima dari Dynamic Comtech Indo, 1 (satu) Unit Notebook Lenovo ideapad G470-9919 dengan perincian sebagai berikut :

Spesifikasi :

  • Processor Intel Core i5 2520M (2.5GHz⁄1333MHz⁄3MB L3 Cache)
  • Memory 4GB DDR3
  • Harddisk 500GB
  • DVD±RW, NIC, WiFi
  • Bluetooth, Camera
  • 14″ WXGA
  • Interface Provided 4x USB 2.0, VGA, HDMI, LAN, Audio
  • Include Carrying Case, 6 Cells Battery, DOS
  • Garansi 1 Tahun
  • SN : CB16999564

Total Harga

Down Payment 30 %

Rp.      6.410.000,-

Rp.      1.900.000,-

Sisa “Kredit” Rp.      4.510.000,-

 

 

 

Pembayaran untuk Notebook tersebut diatas dilakukan dengan sistem “Sewa-beli (leasing)”, Yang dimaksud dengan sewa beli (leasing) adalah sistem pembayaran sewa yang akan dibayar setiap bulannya selama 11 bulan dan Notebook tersebut diatas akan menjadi hak milik saya apabila masa pembayaran sewa selama 11 (sebelas) bulan tersebut berserta denda keterlambatannya (apabila ada) telah saya lunasi.

Saya telah memberikan Down Payment sebesar Rp. 1.900.000,- (Satu juta sembilan ratus ribu rupiah), dan sisa pembayaran sebesar Rp. 4.510.000,- (Empat juta lima ratus sepuluh ribu rupiah) akan saya cicil selama 11 kali masa kredit dengan nilai kredit Rp. 410.000,- (Empat ratus sepuluh ribu rupiah) per bulan.  Pembayaran jatuh tempo pada tanggal 22 setiap bulannya, ditransfer ke rekening :

BANK BCA
A/C : 123.456789.0
A/N :  Sumanto Subianto

Pembayaran I (Pertama), dimulai pada tanggal 22 November 2012 dan pembayaran sewa ke XI (sebelas) jatuh tempo pada tanggal 22 September 2012.  Copy Slip setoran / transfer merupakan bukti pembayaran yang sah pengganti kwitansi. Dengan ini saya menyatakan tidak akan menjual atau memindah-tangankan perangkat Notebook tersebut kepada pihak lain selama periode masa sewa belum berakhir.

Apabila pembayaran sewa bulanan terlambat saya transfer dari jadwal yang telah ditentukan, maka saya bersedia dikenakan denda keterlambatan sebesar Rp. 50.000,- (Lima Puluh ribu rupiah) per hari dengan maksimum keterlambatan 14 hari. Apabila keterlambatan pembayaran sewa bulanan melebihi 14 hari, maka melalui surat ini, saya memberi kuasa kepada Dynamic Comtech Indo untuk menarik kembali 1 Unit  Notebook tersebut diatas dimanapun Notebook tersebut berada, dan Down Payment  beserta pembayaran sewa yang telah lunas dianggap sebagai pembayaran sewa pakai, dan tidak dapat diminta kembali.

Demikianlah surat pernyataan dan kuasa ini saya buat dengan penuh kesadaran, dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Medan,  22 Oktober  2012

Yang membuat Pernyataan,

 

(  Lukman Hakim Muzadi )

Saksi,

 

( Syarah)

Demikianlah contoh surat bisnis yang dalam hal ini merupakan contoh surat perjanjian kredit sebuah barang. Silakan anda sesuaikan isi surat dengan kebutuhan anda di lapangan.

Paling dicari:

Model dan Contoh Surat Bisnis Yang Penting Untuk Anda Ketahui | Rahimawati Imut | 4.5