17th May 2013 Cat: Contoh Surat Resmi, Surat Pernyataan with No Comments »

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Contoh Surat Pernyataan, seperti Surat yang satu ini seringkali digunakan dalam hal pengolahan administrasi ataupun surat menyurat dalam kehidupan sehari-hari. Surat Pernyataan memang menjadi salah satu hal yang seringkali diperlukan untuk memperjelas apa yang akan telah ia lakukan atau apa yang ia katakan. Bagi anda yang ingin atau sedang mencari contoh surat pernyataan, maka posting kali ini akan dapat membantu anda namun sebelum membahas hal pokok tentang itu ada baiknya kita sedikit mengulas tentang pengertian, manfaat, bentuk dan juga cara penyusunan surat pernyataan seperti yang pernah dilansir oleh  ellopedia.blogspot. com

CONTOH SURAT PERNYATAAN

Pengertian Surat Pernyataan

Surat pernyataan dapat diartikan sebagai surat yang dibuat oleh seseorang yang berisi pernyataan dirinya atau menerangkan orang lain bahwa orang tersebut pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu.   Ada juga pengertian lain, yaitu surat pernyataan adalah pernyataan tertulis yang mengemukakan kesediaan/kesanggupan seseorang atau kelompok untuk menanggung segala risiko yang berkaitan dengannnya. Surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum harus di tulis di atas kertas segel atau kertas biasa yang di bubuhi materai. Dengan hal itu juga terkandung pengertian bahwa surat pernyataan yang menyangkut aspek hukum hanya di buat oleh seseorang yang telah dewasa

Dalam kehidupan sehari-hari surat pernyataan sering dibuat oleh seseorang untuk melengkapi surat lamaran pekerjaan atau untuk keperluannya setelah dia pendidikan atau bekerja dalam suatu instansi tertentu.

Dalam urusan dinas, seseorang pimpinan sering juga membuat surat pernyataan yang isinya menerangkan tentang anak buah atau bawahannya. Surat pernyataan dinas mempunyai bentuk, fungsi, dan penyusunan yang relative sama dengan surat keterangan.

Tidak jarang juga sebuah lembaga yang hendak menyeleksi pegawai baru meminta untuk membuat surat pernyataan. Dalam hal seperti ini sebaiknya lembaga tersebut mempersiapkan blangko surat untuk diisi oleh para peserta sebagai suatu persyaratan. Pembuatan surat pernyataan dalam bentuk blangko memudahkan penelitian isi surat yang masuk karena semua bentuknya sudah lama.

Manfaat Surat Pernyataan Pribadi

  • Bagi si penerima, surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti meminta pertanggungjawaban pihak yang menulis jika ia menempati, atau apa yang dinyatakannya ternyata tidak benar.
  • Bagi si pembuat, surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti penguat untuk diakui pihak lain, bahwa dirinya benar-benar seperti apa yang dinyatakan dalam surat tersebut. Oleh karena itu surat lamaran pekerjaan bagi pegawai negeri, biasanya dilampiri berbagai surat pernyataan.
  • Bagi pihak yang dinyatakan, surat pernyataan berfungsi sebagai alat pengukuhan atau menguatkan keadaan pihak yang diterangkan/ dinyatakan, baik dalam keadaan positif maupun negatif. Jika surat pernyataan itu dibuat oleh pihak lain.

Bentuk dan Penyusunan Surat Pernyataan Pribadi

Surat pernyataan pribadi mempunyai bentuk yang sederhana. Kita dapat membuatnya dalam bentuk resmi atau setengah balok. Meskipun termasuk surat pribadi, pihak yang menerima surat pernyataan ini sebaiknya membuatkan blangko.

Surat pernyataan dalam bentuk blangko/formulir berfungsi memudahkan bentuk untuk mengecek isinya, karena isi pernyataan yang dianggap penting sudah langsung dicetak/diketik. Pihak pribadi yang mengisi tinggal melengkapi bagian-bagian data pribadi saja.

Mengenai susunannya, surat pernyataan terbagi menjadi tiga bagian pokok, yaitu:

  • Nama surat pernyataan, biasanya ditulis centering atau di tengah-tengah dengan huruf kapital semua.
  • Isi pernyataan, meliputi beberapa hal.
  • identitas pihak yang menyatakan
  • Isi pernyataan berupa kesungguhan dalam menyatakan sesuai dengan kenyataan yang ada,
  • Identitas pihak yang menyatakan jika surat pernyataan itu dibuat oleh pihak lain.
  • Penutup pernyataan, meliputi hal-hal:
  • tempat dan tanggal dibuatnya surat,
  • Identitas yang membuat surat
  • nama terang,
  • tanda tangan
  • keterangan lain (NIP, dan sebagainya).

Diatas telah dijelaskan secara gamblang apa itu surat pernyataan, sekarang sampai di pokok masalah yakni contoh surat pernyataan, berikut ada beberapa contoh yang bisa anda  pergunakan:

Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab

SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK/PAKTA INTEGRITAS

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :  ………………………………………
Jabatan :  Kepala Sekolah ……………………
ALamat :  Jl. ………………………. Kecamatan ………..

Bahwa sesuai dengan surat edaran Menteri dalam Negeri Republik Indonesia, tanggal 8 Nopember 2007 Nomor 900/2677/SJ Perihal Hibah dan Bantuan Daerah dan Peraturan Menteri Keuangan tanggal 6 Nopember 2008 Nomor 169/PMK.07/2008 perihal tata Cara Penyaluran Hibah Kepada Pemerintah Daerah. Dengan ini menyatakan bahwa kami sebagai penerima dana hibah dari program Bantuan Dana Operasional Sekolah (BOS) Kabupaten/Kota ……………………………. Tahun ………., akan bertanggung jawab mutlak terhadap penggunaan dana hibah yang kami terima sesuai dengan buku panduan Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Apabila di kemudian hari diketahui terjadi penyimpangan dalam penggunaannya sehingga kemudian menimbulkan kerugian negara, maka kami bersedia menganti dan menyetorkan kerugian tersebut ke kas Daerah serta bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya dan bermaterai cukup untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui :

Manager BOS Kab/Kota

Tempat, Tanggal Bulan Tahun

Kepala ………………………..

……………………………….

NIP.

………………………………..

NIP

Contoh Surat Pernyataan Tidak Pernah Menikah

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama ZAKARIA
Bin :  Muhammad Saidi
Tempat Tanggal Lahir :  Pulang Pisau, 07-07-1977
Kebangsaan / Suku :  Indonesia / Dayak
Agama :  Islam
Pekerjaan :  Wiraswasta
Alamat :  Jl. Pulang Pisau No. 77 RT. 7 Kecamatan Kahayan Hilir

Dengan ini saya bersumpah DEMI ALLAH dan menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya benar-benar JEJAKA  (Tidak ada ikatan nikah dengan pihak lain) sampai saat ini dan pernyataan ini digunakan untuk melaksanakan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Bilamana surat pernyataan ini tidak benar/tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, saya bersedia diambil tindakan oleh yang berwajib sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan tidak akan melibatkan orang lain/Pejabat yang menandatangani surat pernyataan ini.

Demikian surat pernyataan saya buat dengan sadar dan tanpa paksa untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pulang Pisau, 17 Mei 2013

Yang membuat pernyataan,

ZAKARIA

Mengetahui :

Lurah Pulang Pisau,

…………………….

NIP.

Ketua RT. 7,

………………………..

Leave a Comment for Contoh Surat Pernyataan, Pengertian dan Manfaatnya


+ 9 = 18

[+] kaskus emoticons nartzco