24th February 2013 Cat: Surat Peringatan with No Comments »

Contoh Surat Peringatan – Dalam suatu perusahaan atau suatu instansi, seorang karyawan haruslah disiplin dalam bekerja. Nah, kalau tidak disiplin, tidak bertanggung jawab dan sering melakukan kesalahan apa yang akan terjadi? Menurut prosedur umum dalam kepegawaian, biasanya sebuah perusahaan tidak akan semena-mena memecat karyawannya yang melakukan kesalahan, tetapi biasanya akan memberikan teguran secara lisan terlebih dahulu.

Jika karyawan tersebut tidak mengindahkan teguran itu dan masih sering membuat kesalahan yang sama, maka pihak perusahaan akan mengeluarkan Surat Peringatan secara resmi.  Surat Peringatan ini sebagai tanda “Shock teraphy” buatnya agar karyawan tersebut tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama untuk kedepannya.

contoh surat peringatan

Biasanya Surat Peringatan pertama memiliki jangka waktu 1 bulan dari setelah karyawan tersebut menandatangani surat peringatan. Umumnya surat peringatan dibuat hanya sampai 3 (tiga) kali dan bila dia sudah mendapat Surat Peringatan sebanyak 3 kali, maka secara otomatis karyawan tersebut dikeluarkan  dari perusahaan.

Macam-macam Surat Peringatan

Di lapangan kerja biasanya surat peringatan ini lebih populer disebut “SP”. Jika dikategorikan berdasarkan sudut pengirimnya, maka surat peringatan dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu surat peringatan jabatan dan surat peringatan niaga.

Saya tidak akan membahas lebih lanjut lagi tentang dua model surat peringatan tersebut. Namun saya akan langsung memberikan contoh penulisan surat peringatan resmi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan.

Contoh Surat Peringatan Resmi Perusahaan

Sejauh yang saya tahu sebenarnya tidak ada format baku dari suatu bentuk surat peringatan. Di bawah ini hanya contoh yang mungkin bisa disesuaikan kembali dengan kondisi di lapangan atau suatu perusahaan

CONTOH SURAT


LOGO DAN KOP SURAT PERUSAHAAN


  SURAT PERINGATAN
No.      : 005/SP/BJJ/11/2012

Surat Peringatan ini ditujukan kepada:

Nama                    : Jogiyanto Prabowo

Jabatan                : Staff  Accounting

Surat Peringatan diterbitkan berdasarkan kesalahan yang dilakukan oleh Sdr. Jogiyanto Prabowo berupa  :

Tidak disiplin dan terlambat masuk kerja selama lebih dari  3x (tiga kali) berturut-turut tanpa izin tertulis dari perusahaan.

Sebagai seorang Staff Accounting, Sdr. Jogiyanto Prabowo seharusnya mampu menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba dilokasi kerja pada waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan sebagaimana yang telah tercantum dalam Surat Perjanjian Kerja (SPK).

Tujuan Penerbitan Surat Peringatan :

Surat Peringatan ini bertujuan adalah untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada Sdr. Jogiyanto Prabowo agar bersedia mengikuti tata tertib pekerjaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Sehubungan dengan tindakan ketidak siplinan yang Sdr. Jogianto lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada Sdr. Jogiyanto Prabowo berupa dicabutnya tunjangan catering makan siang selama 1 (satu) minggu. Mulai berlaku dari tanggal 2 – 9 November 2012.

Dengan diterbitkannya surat peringatan karyawan dan sanksi tersebut, maka karyawan yang bersangkutan diharapkan dapat memperbaiki perbuatannya, mengingat sejauh ini Sdr. Jogiyanto  Prabowo tercatat memiliki kinerja yang cukup baik dan cukup potensial untuk membantu memajukan perusahaan.

Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan perhatian dan digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta,  November 2012
PT. BHINEKA JASA JAYA

( Hamdan, SE)
Manager Personalia / HRD

 

Nah, itulah contoh isi dari sebuah surat peringatan. Mungkin masih ada beberapa bahasa yang kurang tepat yang tertulis di dalam contoh surat peringatan tersebut. Saya yakin anda yang mungkin kebetulan sedang diberi tugas oleh manager anda untuk mengetik surat peringatan, maka format surat di atas sudah lebih dari cukup untuk anda contoh.

Yang perlu diingat adalah biasanya surat peringatan dan sanksi yang diberikan perusahaan itu berdasarkan peraturan perusahaan yang memang secara resmi dibuat dan disepakati oleh semua pekerja di perusahaan tersebut. Berarti, beda perusahaan dapat dipastikan akan berbeda sanksi terhadap pelanggaran kerja yang dilakukan oleh karyawannya.

Artikel Terkait untuk Contoh Surat Peringatan Resmi

Leave a Comment for Contoh Surat Peringatan Resmi


+ 2 = 9

[+] kaskus emoticons nartzco