CONTOH SURAT

Contoh Paragraf Persuasif

Pengertian Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif adalah sebuah paragraf yang dibuat dengan tujuan untuk menarik minat atau keinginan dari para pembaca. Selain itu paragraf ini juga ditujukan untuk meyakinkan pembaca tentang sebuah ide yang ditawarka dalam paragraf tersebut. Berpijak dari tujuan penulisan tersebut, maka seorang penulis yang hendak membuat sebuah paragraf persuasif hendaknya menyajikan paragraf nya dengan kata kata dan susunan kalimat yang menarik. Tidak jarang juga kata kata yang lebih atraktif atau terkesan menekan juga digunakan dalam jenis paragraf yang satu ini. Secara umum bisa dikatakan bahwa paragraf persuasif adalah paragraf yang gunakan untuk meyakinkan, menarik dan mendapatkan perhatian tiap orang yang membacanya.

Dalam setip paragraf persuasif yang ditulis, selalu terdapat tujuan dari sang penulis yang terselip di dalamnya. Kemampuan penulis dalam memainkan kata kata dan juga keterangan keterangan pendukung lainya, merupakan suatu keharusan untuk melancarkan fungsi dari paragraf persuasif tersebut. Serang penulis boleh juga memberikan pemikiran pribadinya sehubungan dengan isi  paragraf tersebut, namun pemikiran tersebut harus juga dapat menyokong nilai kebenaran agar para pembaca yakin.

Contoh Paragraf Persuasif

Contoh Paragraf Persuasif

Jenis paragraf persuasif biasa dipakai dalam tulisan tulisan iklan, promosi, perkenalan produk bahkan hingga teks kampanye para penjabat negara. Hal itu tentunya tidak terlepas dari fungsi paragraf persuasif itu sendiri. Sehingga bisa dikatakan bahwa paragraf persuasif meruapakan salah satu jenis paragraf yang sangat penting artinya jika disangkutkan dari sisi fungsi penulisannya.

 

Ciri-ciri Paragraf Persuasif

Paragraf persuasif memiliki beberapa ciri ciri yang bisa diamati diantaranya adalah:

  1. Adanya keyakinan dari sang penulis bahwa pendirian seorang pembaca bisa berubah dengan membaca paragraf tersebut.
  2. Adanya keterangan dan juga fakta yang menguatkan pendapat dalam paragraf tersebut.
  3. Adanya usaha penulis untuk mendapatkan persetujuan dari pembaca ketika membacanya dengan menggunakan kata kata seperti “anda tentu sangat setuju dengan pendapat saya bahwa….”
  4. Adanya usaha dari penulis untuk menghindari ketidak sepahaman dengan apa yang difikirkan oleh pembaca.

Jenis Paragraf Persuasif

Secara umum paragraf persuasif dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu persuasif politis,  persuasif pendidikan, persuasif advertensi, dan persuasif propaganda. Dari ke 4 jenis paragraf persuasif tersebut memiliki fungsi yang beragam. Seperi politis dalam urusan politik, pendidikan untuk hal  hal yang terkait dengan dunia pendidikan, advertensi yang berhubungan dengan dunia bisnis dan propaganda yang bertujuan untuk menyebarkan sebuah pemikiran atau ide.

Contoh Paragraf Persuasif

Menghadapi masalah kualitas pendidikan yang semakin hari semakin rendah, kita sebagai generasi muda harus lebih proaktif. Tidak hanya berpangku tangan, kita harus secepatnya bergerak. Anda semua pasti setuju bahwa masa depan kita ada di tangan generasi muda seperti kita bukan? Tidak boleh ada lagi ketimpangan dalam dunia pendidikan. Kawan, mari bersama mencari keadilan yang seadil adilnya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah memperjuangkan tujuan bersama ini.

Penjelasan yang cukup rinci tentang paragraf persuasif diatas semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk anda. Selamat menulis 😀

Paling dicari:

Contoh Paragraf Persuasif | Rahimawati Imut | 4.5