21st June 2013 Cat: Contoh Paragraf with 2 Comments

Pengertian Paragraf Generalisasi

Paragraf generalisasi adalah sebuah paragraf yang memiliki disusun berdasarkan kumpulan fakta atau data yang saling berkaitan untuk menemukan sebuah kesimpulan pokok. Pada dasarnya ketika kita ingin membahas jenis paragraf ini, maka akan sangat sulit untuk membedakan dengan beberapa jenis paragraf lain seperti paragraf induktif atau analogi. Namun dengan lebih mengerti hal hal pokok dari paragraf generalisasi, kita akan semakin mudah memahaminya sebagai bagian yang berbeda satu sama lain.

Pada dasarnya pendekatan penulisan yang dianut dalam pembuatan paragraf generalisasi merupakan pendekatan riil yang sering kita alami sehari hari. Ada kalanya kita akan menggunakan fakta fakta yang telah diketahui sebelumnya sebagai kesimpulan dalam melangkah melakukan sesuatu. Nah sama hal nya dengan jenis paragraf ini, penulis juga dituntut agar bisa memberikan beberapa informasi, fakta atau data yang benar benar mampu mendukung apa yang akan menjadi kesimpulannya nanti.

Contoh Paragraf InduktifContoh Paragraf Generalisasi

Menilik kembali mengenai perbandingan dengan jenis paragraf lain. Paragraf generalisasi sebenarnya merupakan salah satu penurunan dari jenis paragraf induktif. Pola pengembangan dar khusus ke umum akan menampilkan gambaran pokok yang diekstraksi dari fakta dan data yang diberikan sebelumnya. Namun yang menjadikan jenis ini berbeda adalah diperlukannya data data penunjang yang benar benar valid dan meyakinkan.


Ciri-ciri Paragraf Generalisasi

Yang menjadi ciri ciri pokok dari sebuah paragraf generalisasi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya fakta, data dan keterangan yang menjelaskan dengan detil kesimpulan akhir nanti. Hal ini merupakan bagian yang sangat penting artinya untuk membentuk sebuah paragraf generalisasi yang baik. Karena jika penulis gagal atau tidak mampu menampilkan informasi yang meyakinkan, maka kesimpulan yang akan diperolehpun juga tidak akan maksimal.
  2. Adanya keterkaitan antara informasi informasi yang digunakan dalam paragraf tersebut. Dengan adanya keterkaitan yang kuat, maka akan lebih memudahkan pembaca untuk mengerucutkan isi paragraf hingga pada akhirnya sampai pada kesimpulan.
  3. Adanya kesimpulan diakhir paragraf. Simpulan ini bersifat umum dan harus mampu mencakup apa yang telah dipaparkan sebelumnya.

Jenis Paragraf Generalisasi

Secara umum jenis paragraf generalisasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu generalisasi dengan loncatan induktif dan generalisasi tanpa loncatan induktif. Loncatan induktif disini diartikan tidak adanya penyelidikan mendalam terlebih dahulu atas beberapa informasi yang dimasukkan ke dalam paragraf tersebut. Sehingga bisa artikan generalisasi dengan loncatan induktif adalah paragraf generalisasi dimana beberapa informasi yang ditampilkan bukanlah hasil dari penelitian yang mendalam. Sedangkan berkebalikan dengan generalisasi tanpa loncatan induktif yang seluruhnya berasal dari penelitian mendalam.


Contoh Paragraf Generalisasi

Pada ujian matematika yang diadakan dikelas 2B, hampir semua siswa mendapatkan nilai rata rata diatas 8. Hanya terdapat 2 siswa yang mendapat nilai 7,5 dan seorang siswa yang mendapat nilai 7. Namun ada juga cukup banyak siswa yang mendapat nilai 10. Sehingga bisa dikatakan bahwa siswa kelas 2B rata rata mempunyai kemampuan yang baik dalam mata pelajaran matematika.


Itulah informasi mengenai jenis paragraf generalisasi yang dapat kami jabarkan, terima kasih dan selamat menulis :D

Comments for Contoh Paragraf Generalisasi
  1. ahdillah fadlila 16th September 2013 at 3:29 am

    artikelnya kece !

    :rate

  2. Tini 27th November 2013 at 2:51 am

    Mantap mba bro

Leave a Comment for Contoh Paragraf Generalisasi


6 + 4 =

[+] kaskus emoticons nartzco