22nd June 2013 Cat: Contoh Paragraf with 4 Comments

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang memiliki tujuan penulisan untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu ataupun sebuah informasi spesifik. Jenis paragraf ini lebih pada memberikan gambaran secara jelas mengenai pokok bahasan. Dalam hal ini yang menjadi pokok bahasan penulisan bisa merupakan sebuah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tersebut disajikan dengan lengkap dan valid berdasarkan materi materi yang telah ada dan telah dikumpulkan sebelumya.

Pada dasarnya menulis sebuah paragraf eksposisi memerlukan kemampuan pemahaan dalam sebuah bidang secara cukup mendalam. Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting karena pada jenis paragraf ini sangat dituntut kebenaran dari informasi yang disajikan. Tidak jarang jenis paragraf eksposisi akan dijadikan sebagai sebuah rujukan penulisan atau bahkan bahan tulisan ilmiah. Jadi penulis harus benar benar memberikan data dan informasi yang valid.

Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi

Terkadang dalam menulis paragraf eksposisi kita tidak boleh memberikan penekanan yang bersifat persuasif atau bentuk ajakan yang lain. Fungsi dari jenis paragraf ini benar benar hanya berbagi informasi kepada pembaca, lebih baik lagi jika tulisan berjenis seperi ini akan bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan tambahan bagi para pembacanya.


Ciri-ciri Paragraf Eksposisi

Beberapa hal yang menjadi pembeda antara jenis paragraf eksposisi dengan yang lain adalah:

  1. Adanya definisi atau pengertian dari sebuah istilah yang sedang dibahas. Dengan adanya ciri tersebut akan semakin meningkatkan kesan valid tidaknya informasi dalam paragraf tersebut. Hal ini akan semakin penting manakala dibarengi dengan penjelasan lanjutan yang memadahi.
  2. Adanya langkah,metode atau cara yang digunakan dalam proses yang sedang dibahas. Masih dengan tujuan yang sama dengan poin nomer 1, item ini juga akan membuat tulisan kita lebih informatif dan berbobot.
  3. Disajikan secara objektif. Objektivitas ialah salah satu hal yang paling penting dalam menulis paragraf eksposisi. Seorang penulis tidak diperkenankan untuk memberikan pemikiran atau pendapat pribadi dalam karangan paragraf eksposisinya. Lebih lebih seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak boleh ada unsur persuasif atau paksaan dalam jenis paragraf ini.

Contoh Paragraf Eksposisi

Berikut ini ialah contoh paragraf eksposisi yang bisa menjadi acuan untuk anda.

Ozone therapy meruapkan sebuah bentuk terapi kesahatan yang dilakukan dengan cara memberikan oksigen dan juga ozon khusus ke dalam darah manusia. Jenis terapi yang relatif masih baru ini merupakan alternatif bagus untuk mengobati beberapa macam penyakt seperti kanker dan juga tumor. Dengan aplikasi gas oksigen murni dan ozon ber energi tinggi, hal tersebut akan menekan zat zat negatif dalam tubuh keluar. Sebagai hasilnya metabolisme tubuhpun akan semakin kuat dan sehat.


Semoga informasi singkat mengenai paragraf eksposisi di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat menulis :D

Comments for Contoh Paragraf Eksposisi
  1. 1234cool 20th August 2013 at 10:26 am

    biasa saja

  2. bgndm 16th October 2013 at 10:41 am

    cukup membantu, tapi contohnya ditambah lgi dong….

  3. Chloe 2nd November 2013 at 2:39 am

    contoh nya gak ad
    kalo ada baru bagus…,.,.,

  4. Sari Nurfiani 4th December 2013 at 2:25 pm

    Terima kasiih..
    Ngebantu tugas saya.
    Saya mahasiswi
    www.ipb.ac.id

Leave a Comment for Contoh Paragraf Eksposisi


+ 9 = 10

[+] kaskus emoticons nartzco