21st June 2013 Cat: Contoh Paragraf with 3 Comments

Pengertian Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif adalah paragraf yang memberikan gambaran atau penjelasan tentang sebuah objek, tempat, peristiwa atau pun fenomena yang ada dengan detil dan juga mendalam. Tujuannya adalah agar para pembaca dapat seolah olah merasakan atau mengetahui sendiri tentang apa yang sedang dipaparkan dalam paragraf tersebut.

Dari definisi singkat diatas yang menjadi kunci pokok dalam penulisan sebuah paragraf deskriptif adalah pemberian keterangan detil mengenai konten paragraf tersebut. Dengan adanya keterangan yang bisa berbentuk data, fakta, atau pun sumber terpercaya lainnya, maka sebuah paragraf deskriptif dapat memberikan apa yang diharapkan oleh para pembaca setelah membaca paragraf tersebut. Namun tidak terbatas pada hal itu saja, pengalaman dan juga observasi langsung juga bisa menjadi pilihan yang paling tepat bagi para penulis dalam membuat sebuah paragraf deskriptif.

Contoh Paragraf DeskripsiContoh Paragraf Deskriptif

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, diharapkan setelah membaca paragraf deskriptif tersebut,  obyek yang diterangkan dapat benar benar tersampaikan dengan jelas hingga seolah olah para pembaca merasakannya sendiri dengan panca indera masing masing. Memang bukan hal mudah untuk mencapai tujuan tersebut, tapi dengan memberikan item item pendukung dan juga kreatifitas mengolah kata kata, tujuan tersebut pasti akan dapat tercapai dengan baik.


Ciri-ciri Paragraf Deskriptif

  1. Adanya sebuah obyek yang dijelaskan.
  2. Adanya penjelasan yang melibatkan penggunaan panca indera sehingga bisa lebih berkesan bagi para pembaca.
  3. Adanya keterangan yang mencakup warna, bentuk, keadaan fisik, atau apapun yang berkenaan dengan obyek yang sedang dibahas.

Pola Pengembangan Paragraf Deskriptif

  1. Paragraf Deskripsi Spasial, pola pengembangan ini lebih berfokus pada obyek ruangan, benda dan juga tempat.
  2. Paragraf Deskripsi Subjektif, pola pengembangan ini lebih berfokus pada fikiran atau perasaan yang timbul dari sudut pandang penulis sendiri.
  3. Paragraf Deskripsi Objektif, pola pengembangan ini lebih berfokus pada fakta yang ada, bisa menurut materi atau teori yang telah ada sebelumnya.

Contoh Paragraf Deskriptif

Jika anda sedang berada di kota Nganjuk di provinsi Jawa Timur tidak akan pernah lengkap tanpa rasanya jika tidak mencoba mengunjungi salah satu obyek wisata terkenal di kota tersebut yaitu, Air Terjun Sedudo. Air Terjun Sedudo merupakan sebuah obyek wisata yang terletak di kaki gunung Wilis yang megah. Air terjun dengan ketinggian mencapai 1.438 meter di atas batas permukaan air laut tersebut, merupakan destinasi wisata keluarga dan juga out bond yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pemandangan alam sekitar yang masih sangat hijau juga merupakan suguhan spesial disamping derasnya air bening meluncur dari celah diatas lereng gunung. Terdapat sungai kecil yang mengalir dibawah air terjun tersebut, airnya yang jernih pastinya akan sangat menggoda para pelancong untuk segera merasakan masuk dan merasakan dingin dan segarnya air pegunungan.


Demikian penjelasan mengenai contoh paragraf deskriptif, semoga dapat menjadi tambahan informasi bagi anda semua. Selamat menulis :D

Comments for Contoh Paragraf Deskriptif
  1. dayu intan maha dewi 18th January 2014 at 2:15 am

    thanks ya kak atas informasinya :)

  2. Alfa Fryanta Ginting 18th March 2014 at 1:44 pm

    saya salut dengan anda yang telah mangartikan dan membuat contoh Paragraf Yang saya Inginkan Terimakasih Yang Telah membuatkan ini buat saya…..

  3. Vannia Cantika Az - Zahrah 12th June 2014 at 5:47 am

    Makasih ya kak.. :)

Leave a Comment for Contoh Paragraf Deskriptif


3 + 8 =

[+] kaskus emoticons nartzco