22nd June 2013 Cat: Contoh Paragraf with 1 Comment

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah bentuk paragraph yang memiliki pokok pikiran atau kalimat utama pada awal paragraf tersebut. Jenis paragraph ini akan mengungkapkan apa yang menjadi pokok pikiran terlebih dahulu baru kemudian diikuti dengan kalimat kalimat penjelas dibawahnya. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa sebuah paragraph deduktif memiliki pola penulisa umum – khusus.

Lebih dalam mengenai makna dari pola pengembangan umum – khusus. Pada dasarnya pola seperti ini hampir sama dengan pola penjabaran dalam kehidupan sehari hari. Pola tersebut bermula dari sebuah ide yang bersifat luas terlebih dahulu, kemudian dengan diberikannya kalimat kalimat tambahan yang bisa berbentuk data, fakta atau pun bentuk keterangan lain maka akan membentuk sebuah paragraph deduktif.

Contoh Paragraf DeduktifContoh Paragraf Deduktif

Jika ditinjau dari segi fungsi penulisannya, jenis paragraph yang berkebalikan dengan paragraph induktif ini mempunyai fungsi untuk memberikan penjabaran yang lebih jelas tentang sebuah ide. Dengan menggunakan jenis paragraph ini, pembaca akan dengan mudah mengembangkan pemikiran dari ide pokok yang ada pada awal kalimat. Atau bisa dikatakan bahwa jenis paragraph deduktif akan mengajak pembaca nya untuk mengembangkan ide pokok paragraph setelah membacanya. Namun tidak seperti paragraph induktif, paragraph deduktif tidak bisa memberikan kesimpulan pada akhir paragraph.


Ciri-ciri Paragraf Deduktif

Beberapa hal yang menbedakan paragraph deduktif dengan jenis paragraph lain adalah sebagai berikut:

  1. Adanya ide pokok yang selalu terletak pada awal paragraph. Hal tersebut merupakan yang tidak bisa ditawar lagi. Untuk menciptakan sebuah paragraph deduktif, penulis harus meletakkan ide popok yang benar benar bersifat umum dan dapat menggambarkan isi keseluruhan paragraph secara umum.
  2. Adanya kalimat kalimat pendukung. Mengiikuti setelah kalimat pokok di awal paragraph, pada jenis paragraph ini dapat ditemukan beberapa kalimat pendukung yang masih berhubungan dengan ide pokoknya. Kalimat kalimat pendukung tersebut terlihat lebih khusus dengan menunjukkan data atau fakta.
  3. Adanya keterkaitan atau koherensi dalam paragraph tersebut. Jadi meskipun pada akhir paragraph tidak disebutkan kembali apakah ide pokok dari paragraph tersebut (seperti paragraph induktif) , namun pembaca masih bisa dengan mudah mengerti atau faham ide pokok yang telah disebutkan sebelumnya.

Contoh Paragraf Deduktif

Keluarga Berencana merupakan program yang sangat baik untuk diterapkan oleh keluarga keluarga di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan adanya program tersebut bisa mengatasi problematika tidak terkendalinya jumlah populasi penduduk. Semakin hari  kini jumlah penduduk Indonesia semakin membludak jumlahnya. Bahkan di beberapa wilayah lonjakan jumlah penduduk bisa dibilang sudah melampaui batas. Hal tersebut tentunya menjadi permasalah bersama yang harus segera dipecahkan. Karena dengan semakin banyaknya jumlah penduduk, maka kesempatan pemerolehan pekerjaanpun akan semakin sulit dan yang pasti imbaskan akan terdampak pada kesejahteraan masyarakat secara luas.


Penjelasan diatas merupakan pengetahuan serta Contoh Paragraf Deduktif, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat menulis :D

 

Comments for Contoh Paragraf Deduktif
  1. ayububble 16th September 2013 at 10:58 am

    Terima kasih sekali, benar2 bermanfaat. Jadi bisa ngerjain tugas dengan lancar deh :)

Leave a Comment for Contoh Paragraf Deduktif


9 + = 18

[+] kaskus emoticons nartzco