21st June 2013 Cat: Contoh Paragraf with 4 Comments

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang memiliki fungsi untuk menjelaskan pendapat dari penulis yang disertai dengan keterangan tambahan dan juga alasan yang kuat. Jenis paragraf ini lebih berfokus pada tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi setiap orang yang membacanya mengenai ide atau isi dari paragraf tersebut. Hal itu dapat dicapai dengan memaparkan alasan dan juga keterangan yang kuat dan valid. Saat membuat paragraf argumentasi, seorang penulis harus mampu memaparkan idenya dengan tegas dan lugas agar pembaca juga akan ikut mengiyakan apa yang penulis fikirkan.

Contoh Paragraf ArgumentasiContoh Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi bisa juga digolongkan sebagai jenis paragraf persuasif. Jenis paragraf tersebut memiliki tujuan untuk membujuk atau merayu seseorang untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini paragraf argumentatif juga memiliki fungsi yang hampir sama, sehingga kedua bisa digolongkan dalam jenis yang sama pula.


Ciri-ciri Paragraf Argumentatif

Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan jenis paragraf ini dengan paragraf yang lain. Diantaranya adalah:

  1. Adanya penjelasan yang digunakan untuk meyakinkan isi tulisan.
  2. Adanya fakta yang dimasukkan di dalamnya, bisa berupa gambar, grafik, data tabel, atau hal lain yang bisa mendukung valid nya tulisan.
  3.  Diperlukannya pengamatan dan penelitian terlebih dahulu mengenai pokok bahasan yang akan dibahas. Hal tersebut dapat diperoleh juga dari pengalaman pribadi penulis.
  4. Adanya kesimpulan di akhir paragraf sebagai penguat keterangan dan fakta yang telah dipaparkan sebelumnya.

Jenis-jenis Paragraf Argumentatif

Pada paragraf argumentatif terdapat dua buah pola pengembangan yang berbeda yaitu paragraf argumentasi Sebab-Akibat dan paragraf argumentasi  Akibat-Sebab. Meskipun pada dasarnya idenya sama, namun kedua pola pengembangan tersebut memiliki susunan yang berkebalikan.

Paragraf argumentasi Sebab-Akibat adalah paragraf argumentatif yang dimulai dari pemaparan hal hal yang menjadi penyebab hingga menuju ke hal yang ditimbulkan atau akibat yang terjadi setelahnya. Sedangkan kebalikan dari pola tersebut adalah paragraf argumentasi  Akibat-Sebab yang memulai dari akibat apa yang timbul baru kemudian menjabarkan apakan sebab sebabnya. Yang terpenting dalam menentukan pola pengembangan tersebut adalah penulis harus bisa memberikan proposi yang pas antara sebab dan juga akibat dari pokok bahasan yang diulas.


Contoh Paragraf Argumentatif

Semakin hari kini semakin mahal harga kebutuhan pokok. Tentunya menjadi salah satu hal yang menyulitkan bagi kita semua. Belum lagi masalah harga BBM yang dicanangkan akan naik dalam waktu dekat ini. Tidak hanya itu saja, biaya pendidikan yang tidak sedikit juga menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Pada tahun 2010 saja angka kemiskinan di negara ini telah melonjak hingga 10% dari tahun sebelumnya. Alasan alasan tersebutlah yang menjadikan hidup kita terutama rakyat miskin semakin terpuruk. Pastinya anda semua setuju bukan dengan tersebut.


Itulah sekelumit penjelasan mengenai contoh paragraf argumentatif. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Selamat menulis :D

Comments for Contoh Paragraf Argumentasi
  1. asihrahayu 1st December 2013 at 4:18 am

    sangat membantu, terima kasih. from MGS

  2. TQ DH 16th January 2014 at 12:51 am

    sangat hebat broh, sangat membantu saya dapet A+

  3. Puput Chayrani 16th January 2014 at 8:30 am

    sangat membantu tapi kurang jelas.makasih

  4. sulastry 31st May 2014 at 4:31 pm

    terimkasi,lumayan membantu !

Leave a Comment for Contoh Paragraf Argumentasi


1 + 1 =

[+] kaskus emoticons nartzco