21st June 2013 Cat: Contoh Paragraf with 3 Comments

Pengertian Paragraf Analogi

Paragraf analogi adalah salah satu jenis paragraf yang membandingkan dua buah hal yang memiliki kesamaan atau hampir sama satu sama lain untuk mendapatkan sebuah kesimpulan akhir. Paragraf analogi dapat dibilang merupakan salah satu jenis paragraf yang cukup sulit untuk dibuat jika penulis tidak benar benar memahami dua hal atau pembanding yang akan digunakan dalam paragraf tersebut. Karena untuk mencapai tujuan penulisan dari paragraf analogi, pembanding tersebut harus lah sama sama valid dan sepadan. Sepadan berarti memiliki tingkatan dan ranah pembahasan yang sama. Tidak timpang atau malah bertentangan. Kedua pembanding tersebut akan semakin baik untuk digunakan jika mampu memberikan persamaan persamaan nyata dan juga sebanding.

Contoh Paragraf AnalogiContoh Paragraf Analogi

Lebih dalam mengenai tujuan dari penulisan paragraf analogi, yaitu untuk mencapai sebuah kesimpulan utuh dari pembanding pembanding  yang digunakan. Kesimpulan tersebut terkadang merupakan hipotesis atau pemikiran awal yang sebelumnya sudah dibuat atau diyakini. Disitulah  letak fungsi jenis paragraf analogi. Paragraf ini akan menunjukkan kepastian yang lebih meyakinkan sehubungan dengan tema bahasan paragraf tersebut.

Hal lain yang mungkin perlu diketahui adalah bahwa sebenarnya jenis paragraf analogi meruapakan salah satu pengembangan dari paragraf induktif. Dua buah pembanding diijabarkan dengan menggunakan cara induktif, penjabaran kedua hal tersebut disampaikan secara bergantian satu sama lain. Dan di akhir paragraf akan disampaikan simpulan dari pembandingan yang telah dijabarkan sebelumnya.


Ciri-ciri Paragraf Analogi

Beberapa hal yang bisa dicermati dari sebuah paragraf analogi adalah antara lain:

  1. Adanya 2 atau lebih hal yang dibandingkan secara bergantian. Hal yang dibandingkan tersebut bisa berbentuk obyek atau pun hal yang abstrak seperti kejadian, proses, ataupun  keadaan. Dan yang paling penting adalah tingkat kesetaraan antara hal pembanding tersebut haruslah seimbang.
  2. Adanya kesimpulan dari tema yang sedang dibahas. Kesimpulan tersebut terletak di akhir paragraf dan merupakan penjelas dari ide awal yang dikemukakan.
  3. Penjabaran dari pembanding yang digunakan pada umumnya disusun secara bergantian satu sama lain.

Contoh Paragraf Analogi

Anak-anak pak anto memang anak yang baik. Lihat saja Ani dan juga Ina keduanya anak yang sangat berbakti pada kedua orang tuanya. Ani adalah seorang anak yang amat rajin. Tiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, ia selalu menyempatkan untuk membantu ibunya menyiapkan sarapan yang akan dimakan. Tidak kalah rajin, anak bungsu pak Anto, Ina, juga selalu membantu ayah ibunya membersihkan rumah. Ia akan menyapu lantai rumah dan juga halaman luar. Disamping itu ia juga tidak lupa menyiram bunga bunga di taman kecilnya. Ani dan Ina merupakan anak yang sangat berbakti. Ani tidak lupa mengucap salam dan mencium tangan kedua orang tunya. Demikian juga dengan sang adik Ina yang tidak pernah lupa melakukan hal yang sama. Memang benar sekali Ani dan Ina adalah anak yang baik dan berbakti pada orang tua.


Itulah sedikit informasi mengenai contoh paragraf analogi. Semoga dapat membantu anda semua. Selamat menulis :D

Comments for Contoh Paragraf Analogi
  1. achmad riduwan 21st August 2013 at 1:50 pm

    sangat membantu,keren.

  2. fadlila dj 16th September 2013 at 3:22 am

    artikelnya bagus, infonya lengkap :2thumbup

  3. tommy 23rd September 2013 at 2:11 pm

    em analogi yang dipilih menurut saya sangat baik keren2 hehhe

Leave a Comment for Contoh Paragraf Analogi


9 + 3 =

[+] kaskus emoticons nartzco