CONTOH SURAT

Contoh Makalah Bahasa Indonesia untuk Bahan Referensi

Makalah Bahasa Indonesia

Makalah Bahasa Indonesia

Contoh Makalah Bahasa Indonesia untuk Bahan Referensi – Makalah merupakan sebuah karya ilmiah yang dibuat secara tertulis. Karya ilmiah ini membahas pokok masalah tertentu yang mencakup ruang lingkup tertentu pula. Makalah bisa juga disebut sebagai karya akademis yang sengaja diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau hanya sebagai tugas tertulis saja. Makalah menurut ahli bernama Tanjung dan Ardial adalah sebuah karya tulis yang di dalamnya memuat suatu pemikiran berdasarkan topik tertentu yang disusun secara sistematis dengan analisis yang objektif dan rasional. Untuk Anda yang masih belajar, contoh makalah bahasa Indonesia sangat penting untuk bahan referensi. Oleh karena itu, dalam situs ini juga dilampirkan contoh makalah yang baik. Akan tetapi, sebelum itu, bisa disimak bagaimana cara menulis makalah yang baik dan benar.

Menulis sebuah makalah memang tidak boleh sembarangan. Penulisannya harus mengikuti aturan penulisan ilmiah sehingga makalah tersebut bisa diterima sebagai suatu karangan ilmiah. Dalam hal ini, ada aturan-aturan wajib yang harus dipenuhi dalam pembuatan makalah. Aturan ini menyangkut sistematika penulisannya yang harus sesuai dengan ketentuan dan bahasa yang digunakan harus bahasa baku sesuai EYD. Sebuah karya ilmiah juga harus objektif dan faktual. Tidak condong memihak sesuatu dan harus disertai dengan data-data yang akurat. Contoh makalah bahasa Indonesia ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Bagaimana cara membuat makalah? Sebenarnya, tidak susah membuat karya ilmiah yang masih terbilang sederhana ini. Prosesnya tentu tidak serumit skripsi atau thesis. Makalah tentu lebih sederhana. Makalah biasanya dibuat sebagai tugas yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, penulisan makalah bisa disesuaikan dengan tujuan dibuatnya makalah. Secara umum, sistematika penulisan makalah adalah sebagai berikut.

1. Cover
2. Halaman Judul
3. Daftar Isi
4. Bab I Pendahuluan
• Latar Belakang Masalah
• Rumusan Masalah
• Tujuan Penelitian
• Manfaat Penelitian
5. Bab II Isi
6. Bab III Penutup
• Kesimpulan
• Saran
7. Daftar Pustaka

Sistematika penulisan karya ilmiah di atas banyak dipakai untuk pembuatan makalah yang sederhana. Anda bisa mengikutinya untuk membuat makalah atau tugas sekolah Anda. Yang paling penting dalam pembuatan makalah adalah membuat kerangka penelitian. Apa saja yang ada dalam kerangka penelitian ini? Tentu pertama kali yang harus dipikirkan adalah tema apa yang akan diteliti. Setelah itu, buat daftar rumusan masalah untuk memudahkan penelitian. Bab I di atas bisa dijadikan sebagai kerangka penelitian. Dalam contoh makalah bahasa Indonesia ini juga sangat menekankan untuk membuat kerangka penelitian terlebih dahulu.

Baca Juga :

Jika pada bab I kita menerangkan konsep dan kerangka berpikir, selanjutnya fokuskan pada bab kedua atau bagian isi. Pada bagian ini, ada beberapa hal yang dimuat, di antaranya adalah ulasan materi, penyelesaian terhadap masalah atau rumusan masalah, hasil atau solusi penelitian, dan juga sumbangan terhadap permasalahan yang di bahas. Setelah menyelesaikan bagian isi, selanjutnya Anda harus membuat semacam ringkasan sebagai kesimpulan penelitian Anda. Setelah itu, bagian penutup ini juga harus dilengkapi dengan saran. Inilah hal penting yang harus dipahami dalam contoh makalah bahasa Indonesia.

Lalu, bagian paling akhir dalam contoh makalah bahasa Indonesia adalah daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka ini sangat penting untuk mengetahui sumber pustaka yang Anda jadikan sebagai referensi penelitian. Daftar pustaka tidak hanya bisa diambil dari buku saja, tetapi bisa juga dari jurnal maupun artikel online. Mudah bukan membuat makalah sederhana?

Paling dicari:

Contoh Makalah Bahasa Indonesia untuk Bahan Referensi | Rahimawati Imut | 4.5