27th February 2013 Cat: Contoh Lainnya, Surat Lamaran Pekerjaan with 15 Comments

Daftar Riwayat Hidup yakni ringkasan yang menggambarkan diri seseorang dan tujuan membuat daftar riwayat hidup adalah agar orang yang membacanya dapat mengetahui kualifikasi anda.    Hal ini sangat penting apalagi ketika mengajukan surat lamaran kerja, usahakan semua terisi sesuai dengan yang sebenarnya jangan pernah memanipulasinya dengan menambahkan data-data yang tidak benar, karena nantinya hal tersebut akan mempengaruhi kualiatas kerja anda dan tentunya akan berakibat buruk di kemudian hari.

Daftar Riwayat Hidup ditulis dalam format yang cukup sederhana dan merupakan bentuk yang standard.   Menulisnya pun seperti membuat uraian singkat tentang diri anda yang diawali dengan menuliskan Judul dilanjutkan dengan menambahkan data-data diri seperti data-data pribadi, dan lainnya sampai diakhiri dengan membubuhi tanda tangan.

Karena hal ini sangat penting jadi, usahakan untuk menulis / mengetikkan daftar riwayat hidup jangan sampai ada kesalahan karena disinilah anda akan dinilai, nah untuk berikut ada sedikit tips dalam membuat daftar riwayat hidup.

Contoh Daftar Riwayat HIdup


Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup

  • Dalam menuliskan DRH, sebaiknya jangan panjang minimal 1 halaman dan maximal hanya 4 halaman saja.
  • Tulislah dengan bahasa yang enak dibaca dan mudah dipahami jangan sajikan hal-hal yang tidak perlu dan terlalu banyak basa basi dan juga bertele tele.
  • Tambahkanlah photo terbaru anda dengan menggunakan pakaian yang formal, dan usahakan wajah anda pada foto tersebut terlihat santai jangan terlalu tegang.
  • Jangan menambahkan data-data yang tidak penting, isikan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.  Contoh : anda akan melamar pekerjaan bidang programmer seharusnya anda tidak mencantumkan pengalaman anda ketika anda juara 1 lomba musik.
  • Sama seperti point pertama cukup menuliskan kursus-kursus yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang dilamar saja.
  • Nah untuk point ini, anda sebaiknya menulis kemampuan-kemampuan anda yang nantinya akan menunjang dalam pekerjaan yang dilamar.
  • Yang terakhir dan yang ini seperti sudah saya uraian di atas, anda harusnya membuat DRH dengan se jujurnya.

Nah, itulah beberapa tips biasa digunakan banyak orang ketika ingin melamar suatu pekerjaan.  Biasanya DRH dilengkapi dengan data-data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan keterangan-keterangan lain yang menunjang.    Berikut akan diuraian hal-hal penting dalam pengisian Daftar Riwayat Hidup.


Data Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Data pribadi berisi data-data seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkawinan, dan alamat dan alamat bisa juga tambahkan nomor hp dan juga email.Nah untuk data-data lainnya seperti suku bangsa, kewarganegaraan, agama, berat dan juga tinggi badan disesuaikan dengan situasi dan kondisi dilapangan.  Apabila dengan mencantumkan hal tersebut dalam memberikan dampak positif barulah dicantumkan, namun jika tidak ada lebih baik ditinggalkan saja.
Pendidikan
Nah untuk menuliskan riwayat pendidikan ada juga tipsnya yang sebaiknya anda juga ikuti :
  1. Ketika anda ingin menuliskan dua sub judul riwayat pendidikan, seperti riwayat pendidikan format dan non formal sebaiknya anda mendahulukan menuliskan riwayat pendidikan yang formal terlebih dahulu sebelum yang nonformal
  2. Karena riwayat memiliki pengertian kronologis sebaiknya anda menuliskan pendidikan yang lebih tinggi terlebih dahulu baru selanjutnya menuliskan pendidikan yang lebih rendah sampai yang terendah.
Pengalaman Bekerja
Hal ini juga sangat vital apabila terjadi kesalahan dalam menuliskan bisa berakibat fatal, Bagi anda yang mempunyai pengalaman bekerja anda dapat menambahkan dalam daftar riwayat hidup.  Seperti halnya riwayat pendidikan, pengalaman bekerja juga ditulis secara kronoligis, tuliskan juga dimana anda bekerja dan dimulai mulai tahun berapa sampai tahun berapa anda bekerja, dan menjabat sebagai apa dan yang terakhir kenapa anda berhenti (ini sangat baik jika anda berhenti secara baik-baik).
Keterangan Lain
Dan jika anda memiliki keterangan lainnya yang anda anggap data tersebut cukup penting untuk ditambahkan anda bisa tambahkan disini namun perlu diketahui bahwa keterangan ini bukanlah pengalaman yang anda diperoleh melalui jalur pendidikan formal.
 
Nah mungkin itulah beberapa tips dan trik dalam penulisan daftar riwayat hidup.  Berikut ini akan disajikan Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja untuk bahan referensi anda dalam menulis DRH.

Contoh CV – Daftar Riwayat Hidup

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi


Nama  : EKO SUSANTO
 Tempat, tanggal lahir  : Kuala Kapuas, 26 Mei 1987
 Jenis kelamin  : Laki-laki
 Status Perkawinan  : Belum Menikah
 Agama  : Islam
 Alamat  : Jl. Mawar Melati No. 99
   Jakarta Pusat 73564
 Telepon  : (021) 6667777, 0855 2456 7890
 e-mail  : eko_wafa@yahoo.co.id

Riwayat Pendidikan 


-  Riwayat Pendidikan Formal

2004–2008    STMIK Banjarmasin

2001-2004 SMK Negeri 1 Banjarmasin

1997-2001 SMP Negeri 1 Balikpapan

1991-1997 – SD Negeri Balikpapan

-  Riwayat Pendidikan Non Formal

2010 Effective Seling Strategy, di Executive Training Center (ETC) Jakarta

2009  Mahir Aplikasi Komputer untuk Bisnis, di Azhar Komputer Jakarta

2008 Kursus Bahasa Inggris, di Languange Center, Jakarta

Keahlian Komputer 


  • Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint dan Access,).
  • Adobe Photoshop
  • Corel Draw
  • Internet

Riwayat Pekerjaan 


  • Tim Supervisor pada PT. Harapan Bersama  Tbk. Jakarta,  Pebruari 2010 – sekarang
  • Web Designer pada PT. Maju Bersama.  Banjarmasin, 2009 – 2010
  • Office Boy pada PT. Kita Bisa.  Banjarmasin, 2008-2009

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hormat Saya,

EKO SUSANTO

Comments for Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja
  1. kosmas 27th May 2013 at 2:46 am

    Mau tanya soal riwayat pendidikan. Apakah urutannya seperti itu (dari pendidikan yang terakhir sampai pertama) atau bisa dibuat dengan urutan pendidikan awal kemudian yang terakhir?

  2. Rahimawati Imut 28th May 2013 at 3:56 am

    kalau anda lebih suka dari awal terus sampai akhir bisa juga, namun kalau menurut penjelasan diatas sebaiknya dari yang terakhir baru kemudian pendidikan sebelumnya

  3. rezky 12th June 2013 at 9:43 pm

    Selamat pagi .
    Pengen nanya nih saya agi ♍àΰ buat daftar riwayat hidup tetapi saya tidak mempunyai pengalaman bekerja dan keahlian , ȋ̊ƚƱ bagaimana yah apakah saya hanya lampirkan riwayat pendidikan saja ataukan bagaimana ?
    Terima kasih

  4. Rahimawati Imut 14th June 2013 at 10:52 am

    @Rezky : kalau anda tidak memiliki pengalaman bekerja tidak apa2 tuliskan saja pada riwayat pekerjaan belum pernah bekerja. Ada beberapa perusahaan mencari karyawan yang memang belum memiliki pengalaman bekerja dan juga sebaliknya. Kalau untuk keahlian sebaiknya anda tuliskan apa aja yang kira2 keahlian anda bisa berguna untuk perusahaan yang akan anda lamar, gak mungkin kan kalau anda tidak memiliki keahlian sedangkan anda telah mengenyam pendidikan dari sd, menengah apalagi sampai Perguruan Tinggi. Untuk keahlian tidak melulu harus berkaitan dengan teknologi kan, mungkin aja anda memiliki keahlian dalam negosiasi atau lainnya.

  5. Rofiki 14th June 2013 at 11:18 am

    mau nanyak…
    Dalam penulisan DRH, apakah pengalaman organisasi itu penting untuk dicantumkan? Terlebih untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan.

  6. Rahimawati Imut 14th June 2013 at 11:40 am

    @ Rofiki : Seperti yang saya uraiakan pada “Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup” diatas anda sebaiknya mencatumkan segala sesuatu yang berkaitan dengan apa yang hendak anda lamar. Untuk pengalaman organisasi anda harus lebih selektif juga mana yang harus anda cantumkan mana yang tidak perlu untuk dicantumkan. Saya ambil contoh anda ingin melamar seorang wanita, tentu anda membawa sesuatu yang berhubungan dengan kesukaan wanita tersebut. Begitu juga anda ingi melamar di suatu perusahaan anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang akan membuat anda lebih diunggulkan sehingga akan menguntungkan perusahaan.

  7. Dessy Makalew 16th June 2013 at 7:23 am

    Tanya; untuk pengalaman kerja apa ada keharusan mencantumkan no tlp perusahaan/apa harus ada surat rekomendasi dari perusahaan

  8. Rahimawati Imut 21st June 2013 at 3:35 pm

    @Dessy Makalew : Untuk pengalaman kerja setau saya tidak ada yang mengharuskan untuk menambahkan no telp perusahaan. dan kalau untuk surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya, juga tidak ada keharusan namun itu semua tergantung dari perusahaan yang akan anda lamar, apakah mereka menginginkan anda untuk menambahkan surat rekomendasi dari perusahaan yang dulu :ngacir2

  9. Mas Ian 25th June 2013 at 1:41 pm

    waini yang saya cari, langsung saya praktekin nih buat bikin DRH, maturnuwun

  10. muji 9th July 2013 at 7:25 am

    mau nanya, pembuatan DRH ini caranya harus di ketik atau pake tulisan tangan ? Surat pernyataan ijin keluarga juga!

  11. Rahimawati Imut 9th July 2013 at 2:31 pm

    Sebaiknya deketik aja gak usah pake tulis tangan.

  12. Yayan 21st July 2013 at 6:49 am

    Mau tanya buat fotonya dipasang dimana?

  13. Rahimawati Imut 21st July 2013 at 9:15 pm

    Untuk foto sebaiknya pasang di atas bang, atas kanan supaya langsung keliatan

  14. Bagus 14th August 2013 at 4:55 am

    emang bisa ya ga pake tulis tangan dalam pembuatan DRH ini?

  15. Rahimawati Imut 18th August 2013 at 10:54 am

    BISA AJA, YANG GAK BISA KAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN YANG BIASA SELALU DIMINTA UNTUK PAKE TULIS TANGAN. TAPI ITU SEMUA TERGANTUNG INSTANSINYA JGA SIH SIH

Leave a Comment for Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja


+ 7 = 14

[+] kaskus emoticons nartzco